Pages

Thursday, December 8, 2011

10 MANFAAT KUNYIT BAGI TUBUH



ini dia 10 manfaat kunyit yang kita perlu tahu..ternyata kunyit bukan cuma sebagai bumbu dapur saja...

* HAID TIDAK LANCAR

Untuk mempelancar haid anda membutuhkan 2 rimpang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2 sdt biji pala, dan 1/2 genggam daun sri gading. Bahan tsb ditumbuk halus. Masukkan kedalam panci, dan berilah 1 ltr air. Direbus sampai mendidih, saring dan hasil saringan dapat diminum satu gelas sehari.

* PERAWATAN KULIT TUBUH

Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit yang sudah dikupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tsb,lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras, lalu campurkan pati kunyit dengan pati beras tadi. Selanjutnya oleskan keseluruh anggota badan secara merata. Ada baiknya saat menggunakan lulur ini adalah malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

* KETOMBE

Secara alami kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe ambil kunyit, kupas dan cuci bersih lalu tumbuk.Ambil sarinya dan gosokkan kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai ketombe hilang.

* JERAWAT

Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci,dikupas lalu diiris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan 1 sdm gula pasir.Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong.Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang

* TIPUS

Kunyit untuk obat penyakit Tifus. Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. Cuci seluruh bahan, kemudian tumbuk halus dan dipipis, lalu tambahkan segelas air hangat, lalu saring dan minum airnya.

* USUS BUNTU

Kunyit sebagai obat Usus buntu. Siapkan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, garam, dan gula aren secukupnya. Parut kunyit, beri perasan jeruk nipis, beri sedikit garam dan gula aren secukupnya, seduh dengan 1 gelas air panas, saring lalu minum airnya setiap pagi secara teratur.

* MEMBERSIHKAN WAJAH

Campurkan saja bubuk kunyit dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon. Setelah tercampur merata, tempelkan pada area kulit yang terdapat flek. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap hari untuk melihat perubahan yang signifikan pada warna kulit Anda.

* SAKIT KEPUTIHAN

Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah
asam, 1 potong gula kelapa/aren
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air
sampai mendidih, kemudian di saring.
Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

* MEMPERLANCAR ASI

Bahan: 1 rimpang kunyit
Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus
Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada
1 kali setiap 2 hari.

* BERAK LENDIR

Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan
kapur sirih
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2
gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

No comments:

Post a Comment